Tembe Nggoli

Tembe Nggoli adalah sarung tenun tangan khas Bima, dibuat dari benang kapas (katun), dengan warna-warni yang cerah dan bermotif khas sarung tenun tangan. Keistimewaanya Tembe Nggoli antara lain, hangat, halus dan lembut,tidak mudah kusut, warna cemerlang lebih lama  Saat ini, Tembe Nggoli sudah diproduksi dalam berbagai macam corak dan motif. Ada yang ‘biasa’ (untuk dipakai sehari-hari), dan ada pula yang istimewa yang hanya dipakai pada acara-acara resmi.

Bagi orang Bima, memakai sarung lazim dilakukan baik oleh kaum pria maupun wanita. Wanita Bima memakai sarung sebagai ‘bawahan’, bahkan masih ada yang menggunakan dua buah sarung, yang disebut “rimpu”. Rimpu adalah cara wanita Bima menutup aurat bagian atas dengan sarung sehingga hanya kelihatan mata atau wajahnya saja. Rimpu yang hanya kelihatan mata disebut “rimpu mpida”.


Cara memakai sarung antara pria dan wanita berbeda. Bagi kaum pria, sarung dipakai seperti layaknya kaum pria di Indonesia lainnya, yaitu digulung ketat pada perut/pinggang, yang disebut “katente”. Bagi kaum wanita, sarung tidak digulung melainkan dilipat dan diselipkan (dijepit agar tidak terlepas), yang disebut “sanggentu”. Selain itu perbedaan juga terletak pada posisi “bali” (yaitu bagian sarung yang diberi warna/motif berbeda, biasanya ditaruh pada bagian belakang ketika dipakai). Bagi kaum pria, ‘bali’ diletakkan agak ke kanan, sedangkan bagi kaum wanita ‘bali’ diletakkan agak ke kiri. Pemahaman tentang letak ‘bali’ ini menunjukkan tingkat pengetahuan pemakai sarung, atau menunjukkan ketelitiannya dalam berpakaian.



Masyarakat Bima juga menggunakan sarung sebagai selimut ketika tidur. Masyarakat yang tradisional bahkan tidak pernah atau tidak suka menggunakan selimut yang biasa, tetapi lebih nyaman menggunakan sarungnya yang hangat.




Tenun tradisional Bima




2 comments:

  1. beberapa artikel yang ada diblog ini, kami publikasikan di blog mbojodompu-community, kami juga mengundang anda untuk ikut partisipasi menulis artikel diblog tersebut sebagai sarana dan informasi warga mbojo dompu, terima kasih

    ReplyDelete
  2. sebelumnya mohon maaf,,, kalau bisa saya meminta, tolong untuk informasi mengenai tembe nggoli yang terkait dengan contoh ciri dari tembe nggoli atau kriteria yang bisa di katakan itu sebagai tembe nggolijuga di share ya mba. soalnya kami dari mahasiswa jurusan tata busana sangat membutuhkan informasi terkait hal tersebut.dan dengan adanya informasi ini kami sangat merasa di bantu.untuk itu saya berterima kasih.sekali lagi,saya minta tolong segala hal apapun yang terkait dengan kain khas daerah bima di share.

    ReplyDelete