Petunjuk

Sekarang semua orang bisa memposting tulisan di Web/Internet, sehingga banyak sekali situs dan blog yang akhirnya justru menyusahkan pembaca (pencari informasi):

“Banyak banget! Sana-sini ada, tapi tidak lengkap!”

Di samping itu, kualitas sajian menjadi masalah. Informasi ditulis dengan bahasa ‘sebisanya’ sehingga sulit dicerna dan berpotensi menyesatkan (misleading), tidak mampu menggambarkan yang seharusnya, tidak lengkap, dan tidak akurat. Dengan demikian, informasi yang sudah diposting menjadi kurang manfaat dan hanya menjadi ‘sampah’ yang berserakan di Internet…

Salah satu solusi yang bisa kita lakukan untuk menghindari fenomena di atas adalah dengan memposting informasi pada media atau situs yang kredibel (bisa dipercaya). Di sinilah kita sekarang berada. Kita kelola BimaCenter.com sebagai media penyampai informasi tentang Bima yang dapat dipercaya, dan menyajikan informasi tersebut dengan gaya dan kaidah-kaidah penulisan informasi yang benar.

Kami percaya kalau sebuah media dikelola secara bersama-sama, apalagi dilakukan oleh orang-orang yang kapabel (mampu), akan jauh lebih berkualitas dan bermanfaat ketimbang masing-masing menulis sendiri - semau sendiri - di situs sendiri! Oleh karena itu, bergabunglah menjadi kontributor BimaCenter.com. Mari berkontribusi menyampaikan informasi tentang Bima dengan “standar kita bersama”. Kita akan saling evaluasi untuk menjaga kualitas informasi di BimaCenter.com!

TATA CARA MENJADI KONTRIBUTOR
  1. Miliki akun Google (karena BimaCenter.com menggunakan Google Apps), misalnya dengan menggunakan Gmail.
  2. Kirim alamat Gmail anda ke admin@bimacenter.com (nyatakan anda ingin menjadi kontributor dan cantumkan sedikit data pribadi anda agar kita saling kenal).
  3. Anda akan menerima email, klik link untuk menerima undangan menjadi kontributor.
TATA CARA MEMPOSTING TULISAN
  1. Setelah menjadi kontributor, buka situs: www.Blogger.com
  2. Akan muncul BimaCenter.com sebagai salah satu blog anda (anda bisa membuat/mengelola blog yang lain juga).
    Lakukan posting seperti biasa!
ATURAN DALAM MEMBUAT POSTING
  1. Tulisan hendaknya asli (original) tulisan sendiri, atau kalau mengambil tulisan orang lain, sebutkan nama penulis dan sumber/alamat tulisan aslinya.
  2. Di awal tulisan, cantumkan nama anda/penulis, misalnya:
    Oleh: Rangga
    Identitas penulis penting dicantumkan dalam tulisan karena memudahkan pembaca untuk mengetahui siapa penulis dan kemungkinan tulisan kita akan diambil oleh orang lain (copas/repost).
  3. Gunakan LABEL yang telah ada. Label akan digunakan untuk kategori isi, kalau terlalu banyak akan menyulitkan pembaca.
  4. Gunakan JUMP BREAK agar hanya sebagian tulisan yang ditampilkan di halaman depan.
TIPS DALAM MEMBUAT TULISAN
  1. Tulisan untuk Web agak berbeda dengan tulisan untuk dicetak. Gunakan paragraf pendek!
  2. Di zaman banjir-informasi (information flooding) ini orang tidak ingin membaca teks yang banyak. Gunakan kalimat pendek dan langsung (pola SPOK).
  3. Tulisan jangan terlalu panjang, pecah tulisan ke dalam subyek/topik yang lebih kecil. Tulisan lebih baik banyak daripada panjang.
  4. Lebih baik menulis dulu di Word, nanti bisa copas saja ke Blogger.
    Ketika copas, copy dari Word lalu paste ke Notepad sehingga memperoleh plain text, baru di-copas ke Blogger (di Compose).
    Format tulisan dengan fasilitas Blogger.
Untuk menghasilkan karya yang berkualitas perlu usaha yang lebih banyak, tapi hasilnya pasti lebih memuaskan. Lebih baik sedikit tulisan tapi berkualitas daripada banyak tulisan tapi tidak berkualitas!

No comments:

Post a Comment